Rabu, 23 Agustus 2017

Pemeriksaan Jentik Berkala (PJB)

Ibu Ainun Kader PJB Kampung Pebadaran
Pencegahan penyakit Demam Berdarah Denggue (DBD) menjadi perhatian serius UPTD Puskesmas Pusako. Melalui kegiatan Pemantauan Jentik Berkala (PJB) dan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), dharapkan penyakit DBD yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti dapat dicegah sedini mungkin. Kegiatan PJB tersebut dilakukan oleh kader PJB terlatih di setiap kampung yang sudah diberikan pembinaan sebelumnya.
Pemeriksaan jentik berkala adalah pemriksaan tempat-tempat perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegypti yang dilakukan secara teratur oleh petugas pemantau jentik (Jumatik). Kegiatan ini termasuk memotivasi masyarakat dalam melaksanakan PSN DBD. Dengan kunjungan yang berulang-ulang disertai penyuluhan edukasi diharapkan masyarakat dapat melaksanakan PSN DBD secara rutin dan teratur.
Cara melakukan Pemantauan Jentik Berkal (PJB) adalah dengan mengunjungi rumah atau tempat umum untuk memeriksa Tempat Penampungan Air (TPA) didalam dan diluar rumah. Apabila ditemukan jentik, anggota keluarga atau pengelola Tempa Tempat Umum (TTU) diminta untuk melihat/menyaksikan, kemudian dilanjutkan dengan PSN DBD (3M Plus). Terakhir petugas mencatat hasil pemeriksaan jentik tersebut pada formulir pemantauan jentik untuk kemudian dilaporkan Kepada pihak Puskesmas untuk dianalisa lebih lanjut.

Editor. MasMbang

0 komentar:

Posting Komentar