Jumat, 25 Agustus 2017

Sikat Gigi dijilat Cecak. Berbahayakah..?

Baru-baru beredar sebuah video yang memperlihatkan sebuah sikat gigi dengan posisi yang menempel di dinding. Sikat gigi tersebut dijilati oleh seekor cecak. Selain terlihat menjijikkan, hal tersebut tentunya memunculkan pertanyaan, adakah bahaya yang ditimbulkan dari liur cicak?
drg Fawzan Nur Ramadhan mengatakan, hingga saat ini belum diketahui apakah liur cicak berbahaya bagi kesehatan. Namun, penting untuk menyimpan sikat gigi dengan baik agar terhindar dari berbagai kontaminasi, seperti kontaminasi reptil atau serangga lainnya. 
Selain itu, drg. Fawzan juga menyarankan untuk menyimpan sikat gigi dengan cara yang benar. "Penyimpanan sikat gigi harus ditutup agar tidak terkontaminasi, tapi tetap harus ada lubang untuk keluar masuk udara agar sikat gigi tidak menjadi sarang bakteri," lanjutnya.
Lebih lanjut dia menjelaskan, pemakaian sikat gigi sebaiknya tidak melebihi dari tiga bulan. Tapi hal tersebut tidak menjadi patokan, kalau sikat gigi rusak atau sering jatuh dan terkontaminasi harus segera diganti. 

0 komentar:

Posting Komentar