Rabu, 12 Juli 2017

TP PKK Kecamatan Pusako Salurkan Bantuan MP ASI

Selasa, 12 Juli 2017, Usia 0-24 bulan merupakan masa pertumbuhan dan perkembangan yang pesat, sehingga kerap diistilahkan sebagai periode emas sekaligus periode kritis. Periode emas dapat diwujudkan apabila pada masa ini bayi dan anak memperoleh asupan gizi yang sesuai untuk tumbuh kembang optimal. Sebaliknya apabila bayi dan anak pada masa ini tidak memperoleh makanan sesuai kebutuhan gizinya, maka periode emas akan berubah menjadi periode kritis yang akan mengganggu tumbuh kembang bayi dan anak, baik pada saat ini maupun masa selanjutnya.
Ada empat hal penting yang harus dilakukan untuk mencapai tumbuh kembang optimal yaitu; pertama memberikan air susu ibu kepada bayi segera setelah bayi lahir, kedua memberikan hanya air susu ibu (ASI) saja atau pemberian ASI secara eksklusif sejak lahir sampai bayi berusia 6 bulan, ketiga memberikan makanan pendamping air susu ibu (MP-ASI) sejak bayi berusia 6 bulan sampai 24 bulan, dan keempat meneruskan pemberian ASI sampai anak berusia 24 bulan. Secara sosial budaya MP-ASI hendaknya dibuat dari bahan pangan yang murah dan mudah diperoleh di daerah setempat.
Guna mendukung pemberian MP ASI tersebut, Senin 11 Juli di gedung posyandu Kampung Dusun Pusako, Wakil Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kecamatan Pusako Heny Puspita, AMK menyerahkan bantuan dari Tim Penggerak PKK Kecamatan Pusako kepada Bidan Desa dan Kader Posyandu Bungo Pusako.  Pembrian MP-ASI ini diharapkan dapat memenuhi hak bayi untuk mendapatkan sumber makanan terbaik sejak dilahirkan sampai berusia 6 bulan         
          Dalam sambutannya Heny Puspita berharap, paket bantuan yang diserahkan dapat berguna dan tepat sasaran. "Semoga bisa bermanfaat," ujarnya.

Penyerahan MP-ASI ini nantinya akan dilaksanakan di 10 posyandu yang ada di Kecamatan Pusako.

mm



            

1 komentar:

  1. Semoga makin bejaya untuk sistem kesehatan bumi pusako 😊

    BalasHapus